Fashion

[Fashion][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

6 Dampak Buruk Akibat Tidak Menggunakan Kipas Angin AC Dengan Benar


Membeli kipas angin AC tentu pilihan yang tepat apabila Anda mempunyai budget yang terbatas. Selain karena harganya yang murah, Anda juga tidak perlu khawatir tagihan listrik yang membengkak. Konsumsi daya listrik yang kecil membuat kipas angin AC menjadi banyak diburu oleh pengguna alat pendingin ruangan.
Banyak yang beranggapan bahwa hasil udara yang dihasilkan oleh kipas angin AC sama dengan air conditioner. Sehingga,  mereka menggunakan kipas angin AC pada ruangan tertutup. Hal itu tentu akan berdampak kepada buruk kepada Anda. Kipas angin AC dapat bekerja dengan optimal apabila digunakan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
Kipas Angin AC
Untuk itu perlu sekali Anda memahami dampak buruk yang akan menyerang Anda apabila tidak menggunakan kipas angin AC dengan benar. Berikut beberapa dampak buruk yang dapat Anda rasakan:
  1. Menyebabkan Gangguan Pernapasan
Kipas angin AC mampu membuat ruangan yang memiliki suhu panas berubah menjadi sejuk. Namun, seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa jika ditempatkan pada ruangan tertutup justru malah menimbulkan bahaya.
Bahaya yang ditimbulkan adalah munculnya gangguan pernapasan seperti asma atau flek pada paru-paru. Hal itu terjadi karena pada ruangan yang tertutup, sirkulasi udara menjadi terhambat. Akbatnya, udara yang ada justru mengandung partikel debu dan merugikan kita jika terhirup.
  1. Mengurangi Oksigen Dalam Ruangan
Sebagai salah satu dari mahluk hidup, tentu kita memerlukan oksigen untuk bernafas. Udara yang tidak segar tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.  Perlu Anda ketahui, kipas angin AC dapa mengurangi kadar oksigen yang ada pada ruangan.
Hal ini terjadi karena cara kipas angin AC bekerja adalah dengan menyerap udara panas yang ada di ruangan, kemudian menggunakannya untuk melakukan proses penguapan air. Jika sirkulasi tempat Anda buruk atau tertutup, maka tentu udara yang akan berputar tidak berubah. Kualitas udara tentu akan terus menurun karena tidak terjadinya pertukaran udara.
Lama kelamaan dikarenakan tidak terjadinya pertukaran udara, ruangan akan terasa sangat lembab dan lengket. Udara akan tercium bau amis dan apek. Oksigen dalam ruangan akan terus berkurang. Hal inilah yang dapat mengganggu kesehatan Anda.
Jika terus menerus Anda menghirup udara yang lembab, maka Anda harus bersiap diri untuk terkena asma. Anda akan mudah terserang flu dan masuk angin.
  1. Mempermudah Penyebaran Bakteri
Cara kerja kipas angin AC adalah dengan melembabkan udara. Apabila digunakan di ruangan tertutup, maka ruangan akan sangat lembab. Udara yang sangat lembab tentu akan menimbulkan bakteri dengan begitu mudah. Bakteri juga dapat dengan mudah tersebar di ruangan karena tidak terjadinya sirkulasi udara. Jika Anda berada pada ruangan tersebut, Anda mesti bersiap diri untuk mudah terkena penyakit karena infeksi bakteri.
  1. Memicu Alergi
Pernah merasakan sering bersin di ruangan yang menggunakan kipas angin AC? Hal itu terjadi dikarenakan Anda alergi terhadap udara yang dihasilkan kipas angin AC itu. Alergi tersebut timbul karena Anda menghirup udara yang kurang bersih.
Periksalah kipas angin AC Anda dan coba Anda ingat-ingat apakah Anda telah melakukan perawatan? Jika tidak pernah melakukan perawatan, maka tentu filter/tanki air yang ada pada kipas angin AC akan kotor karena banyak debu.
Udara yang kotor di tambah tingkat kelembaban yang tinggi karena ruangan yang tertutup, membuat bakteri dapat berkembangbiak dengan mudah. Sehingga, apabila Anda menghirupnya tentu akan menimbulkan alergi.
  1. Daya Tahan Tubuh Melemah
Paparan udara yang dingin, kotor, dan lembab akibat tidak adanya sirkulasi udara yang baik, tentu akan membuat daya tahan tubuh Anda melemah jika Anda terus menghirupnya. Hal ini membuat Anda dapat dengan mudah terserang penyakit.
  1. Menyebabkan Kerusakan Alat Elektronik
Posisi penyimpanan kipas angin AC dapat berpengaruh ke wilayah sekitarnya. Cara kerjanya yang melembabkan udara serta air yang menjadi bahan utama terjadinya proses pendinginan membuat alat yang satu ini harus diperhitungkan penempatannya.
Seperti yang telah kita ketahui dalam penjelasan sebelumnya, jika kipas angin AC ditempatkan di ruangan tertutup maka udara akan sangat lembab. Hal ini tentu mengancam keselamatan barang elektronik Anda. Barang elektronik yang seharusnya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, justru akan rentan rusak dikarenakan udara yang sangat lembab dan basah.
Itulah beberapa kerugian yang dapat menyerang Anda jika tidak menggunakan kipas angin AC dengan benar. Dengan membaca artikel ini semoga Anda dapat menghindari kesalahan dalam menggunakan kipas angin AC, sehingga Anda dapat selamat dari kerugian yang mengancam.

No comments:

Post a Comment