Kabar Menarik

[Kabar Menarik][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Kandungan Nutrsi Penting pada ASI

Bayi membutuhkan ASI (Air Susu Ibu) sebagai sumber utama nutrisinya. Komponen makro dan mikro nutrient terdapat pada ASI. Makro nutrient pada ASI yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan mikro nutrient-nya adalah vitamin dan mineral. ASI mengandung 90% air dan sisanya berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi. Volume dan komposisi kandungan nutrisi pada ASI berbeda untuk setiap Ibu, tergantung makanan yang dikonsumsi oleh Ibu dan kebutuhan bayi. Antara hari ke 1-5 menyusui, Kolostrum yang diproduksi kaya akan zat gizi terutama protein. Sedangkan ASI pada masa transisi mengandung banyak lemak dan gula susu atau laktosa. 
(foto: zwitsal.co.id)
Ibu yang melahirkan bayi premature, kandungan ASI-nya tinggi lemak dan protein namun rendah laktosa jika dibandingkan dengan ibu yang melahirkan bayi normal. Sedangkan pada masa penyapihan, kandungan lemak dan proteinnya meningkat berbarengan dengan banyaknya kelenjar payudara. Bayi yang diberi ASI Ekslusif lebih sehat dan kuat, ketahuilah cara menggendong bayi saat menyusui terutama bagi Anda yang baru pertama memiliki anak. Hal ini penting dilakukan agar bayi merasa nyaman saat disusui ibunya. 

Tahukah Anda ? ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Dan kandungan nutrisinya sulit disaingi oleh susu formula sekalipun. 

Karbohidrat
Karbohidrat utama dalam ASI dinamakan laktosa, berfungsi sebagai salah satu sumber energy untuk otak. Perbandingan dengan susu formula, kadar laktosa pada ASI 2 kali lipat lebih banyak. Jumlahnya meningkat terutama laktosa pada ASI transisi (7-14 hari setelah ibu melahirkan). Kadar karbohidrat pada ASI relatif stabil setelah melewati masa ini. 

Lemak
Kadar lemak yang tinggi dibutuhkan dalam mendukung perkembangan otak yang cepat selama masa pertumbuhan bayi. Lemak omega 3 dan 6 yang sangat berperan dalam perkembangan otak bayi. Asam Dokoheksanoik (DHA) dan Asam Arakidonat (ARA) banyak ditemukan pada kangungan ASI. Fungsinya mendukung perkembangan jaringan saraf dan retina mata.

Protein
Kandungan Protein ASI pun lebih tinggi dibandingkan dengan yang terdapat pada susu formula. Protein Whey dan Kasein pada ASI bagus untuk perkembangan otak. Kualitas Proteinnya pun lebih unggul. 

Vitamin
Vitamin yang terkandung pada ASI adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan Vitamin K. Untuk fungsi dari semua vitamin tersebut mungkin anda pun mengetahuinya. Jelas, tumbuh kembang dan daya tahan tubuh bayi yang diberi ASI Ekslusif lebih kuat karena vitamin tersebut mampu menjaga kekebalan tubuh. 

Karnitin
Dibutuhkan untuk membantu proses pembentukan energy yang diperlukan saat mempertahankan metabolisme tubuh. 3 minggu pertama menyusui kadar karnitinnya lebih tinggi.

Jadi, sebaiknya berikan ASI Eksludif pada bayi Anda agar jauh lebih sehat dan kuat. Jika menggunakan susu formula, pilihlah susu yang cocok. Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment