Fashion

[Fashion][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Kisah Nabi Ibrahim Yang Mendapat Mukjizat Dari Allah SWT

Nabi Ibrahim As adalah nabi yang diangkat oleh Allah SWT untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam kepada kaum Kaldan yakni kaum yang dipimpin oleh seorang raja yang sangat angkuh yang bernama Raja Namrud. Kaum Kaldan ini merupakan kaum yang menyembah berhala sebagai Tuhan mereka.


Ketabahan Nabi Ibrahim As sebagai seorang pendakwah sangatlah tidak mudah, bayangkan saja Ia hanya seorang diri tetapi harus meyakinkan suatu kaum untuk berhijah. Segala upaya dilakukan nabi Ibrahim untuk mengajak kaum Kaldan berhenti menyembah berhala, namun tetap saja usaha tersebut belum berhasil. Tetapi Nabi Ibrahim tidak putus asa dan tetap mencoba meyakinkan kaum tersebut.

Kisah Nabi Ibrahim Yang Mendapat Mukjizat Dari Allah SWT
Kisah Nabi Ibrahim Yang Mendapat Mukjizat Dari Allah SWT

Ujian Nabi Ibrahim pun tidak berhenti sampai disitu saja, Allah SWT kembali menguji keteladanan dari Nabi Ibrahim yakni dengan memerintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail padahal perjuangan nabi Ibrahim untuk mendapatkan Ismail sangatlah sulit. Namun Ia tetap menjalankan perintah Allah dan pada detik-detik terakhir Ibrahim hendak menyembelih anaknya, Allah SWT pun menggantikannya dengan seekor domba.

Ujian demi ujian pun telah berhasil dilewati oleh nabi Ibrahim, namun perjuangan Ibrahim dalam berdakwah di hadapan kaum Kaldan masih belum menemukan titik terang bahkan semakin sulit karena Raja Namrud selalu menghadang nabi Ibrahim dengan pasukannya. Sampai suatu hari Nabi Ismail ditangkap oleh pasukan Raja Namrud.


Setelah ditangkap oleh pasukan Raja Namrud, Raja Namrud pun memerintahkan untuk membakar Ibrahim hidup-hidup. Namun dengan segala kesabaran dan juga keteladanan nabi Ibrahim kepada Allah SWT ia pun tetap berusaha tenang dan menghadapi semuanya, karena Ibrahim yakin Allah selalu bersamanya.


Sampai akhirnya karena kesabaran tersebut Allah menolong Ibrahim dengan memberikan sebuah mukjizat, yakni api yang membakar seluruh tubuh Nabi Ibrahim dibuat terasa dingin sehingga apo tersebut tidak dapat melukai nabi Ibrahim. Sungguh sebuah kisah yang sangat luar biasa, bahkan sampai saat ini mukjizat nabi Ibrahim ini masih sering diceritakan karena dianggap bisa menjadi contph agar kita selalu bertawakal kepada Allah SWT.


Selain mukjizat dari Allah SWT yakni Ibrahim tidak mempan dibakar oleh api, Allah SWT juga memberikan mukjizat lain kepada nabi Ibrahim yang masih belum banyak diketahui oleh orang, yakni Ibrahim bisa menghidupkan burung yang sudah mati.


Kelebihan dan juga mukjizat yang dimiliki nabi Ibrahim ini tidak lain didapatkan karena ketakwaan Ibrahim kepada Allah SWT. Dengan adanya mukjizat tersebut tentunya akan membuktikan kepada kaum Kaldan yang melihatnya bahwa segala sesuatunya akan menjadi mungkin jika Allah SWtT sudah berkehendak.


Peristiwa dan kisah seperti inipun bisa menjadi motivasi untuk kita umat islam agar selalu bertawakal kepada Allah SWT dan juga tetap sabar menjalani segala ujian yang datang. Karena kisah seperti ini bisa menjadi bukti nyata bahwa janji Allah SWT itu nyata bagi orang-orang yang selalu berpegang teguh pada perintah-perintah Allah SWT.


Dengan kisah inipun kita jadi tersadar bahwa pada akhirnya yang bisa menyelamatkan kita nantinya hanyalah amalan yang kita perbuat dan juga pertolongan dari Alaah SWT, kita sebagai manusia sungguhlah kecil dihadapan Allah. Tetapi terkadang kita lupa dan merasa diri ini paling hebat dan bisa berdiri sendiri.


Semoga dengan mengetahui kisah mukjizat nabi Ibrahim kita bisa meneladani akhlaqnya agar kita menjadi golongan orang yang bisa mendapat pertolongan dan syafaat dari Allah SWT terutama kelak di hari akhir.


No comments:

Post a Comment