Kabar Menarik

[Kabar Menarik][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Bisa Dicoba, Inilah Cara Menata Dapur Minimalis


Dapur Minimalis
Dapur Minimalis
Dapur merupakan bagian penting dari sebuah rumah yang bisa dijadikan tempat untuk memulai keharmonisan bersama keluarga. Keharmonisan rumah tangga umumnya berawal dari masakan yang dibuat di Dapur. Lalu, bagaimana jika dapur yang kita miliki berukuran minimalis? Tak perlu khawatir, bukan persoalan sulit juga, cara menata dapur minimalis di bawah ini bisa anda praktekkan di Rumah tercinta. Yuk simak selengkapnya ulasan cara menata dapur minimalis agar terlihat lega, rapi dan nyaman digunakan.

Dapur minimalis bisa diatur sedemikian rupa sesuai keinginan anda sehingga terasa lebih lapang. Yang terpenting anda mengetahui bagaimana cara menata dapur minimalis secara tepat. Mengoptimalkan penyimpanan perkakas secara vertikal bisa menjadi kuncinya. Kemudian tempatkan barang-barang yang memakan tempat ke dalam lemari-lemari dinding. Semakin sedikit barang yang berada di luar, maka semakin lapang pula dapur minimalis anda.

Dapur minimalis yang ditata dengan tepat akan memudahkan anda ketika beraktivitas di dapur, apalagi jika anda termasuk perempuan yang hobbi memasak. Ubahlah tata letak barang yang ada di dapur seperlunya dengan memasang tempat penyimpanan secara vertikal. Cukup dengan menambahkan lemari dinding untuk memudahkan menata ruang dapur minimalis. 

Dinding di atas meja dapur bisa anda tutup dengan lemari dinding, sisakan 60-70cm untuk menyiapkan makanan. Maksudnya yakni ruang antara permukaan meja dapur dengan dasar dari lemari dinding itu sendiri. Bahkan, anda bisa memilih lemari yang lebih tingi hingga langit-langit, jangan menyisakan celah antar atap lemari dengan plafon. Jika anda kesulitan menyimpan barang karena lemari terlalu tinggi, bisa menggunakan kursi atau tangga.

Berikut cara menata dapur minimalis yang bisa anda coba praktekkan di Rumah:
  • 1) Agar terkesan simpel, pindahkan rak dapur ke lemari-lemari. Singkirkan rak dapur agar dapur memiliki kesan lapang yang cukup. Dengan menyimpannya di lemari, peralatan dapur akan terbebas dari debu, ditambah dapur menjadi lebih rapi dan simpel.
  • 2) Ketika memindahkan peralatan dari rak, sortir kembali alat yang sudah tidak digunakan. Jika tidak diperlukan, sebaiknya diberikan ke orang lain atau dijual saja. Sesuaikan peralatan dengan kebutuhan keluarga, jika anda termasuk keluarga kecil, berarti kebutuhan peralatannya juga sedikit. 
  • 3) Area wastafel, inilah area yang banyak dilupakan ibu-ibu rumah tangga. Kareana area ini sangat dekat dengan air, maka jangan lupa untuk menjaga kebersihannya. Jadikan area wastafel untuk meniriskan peralatan dapur yang baru dicuci. Pastikan peralatan dapur sudah bebas air ketika akan disimpan di lemari.
  • 4) Umumnya, di bawah wastafel ini terdapat ruang kosong, anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan tempat sampah, benda tajam, peralatan kebersihan, atau barang-barang yang jarang digunakan. 

Nah, setelah menata itu semua, lalu bagaimana dengan peralatan dapur yang ukurannya kecil-kecil? Atau terbilang sering digunakan sehari-hari. Peralatan yang masuk kategori ini sebaiknya ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau ketika aktivitas memasak berlangsung. Sebagai contoh;
  • 1) Aneka bumbu, makanan kering dan kebutuhan pelengkap untuk memasak sebaiknya disimpan di lemari bawah meja dapur.
  • 2) Sendok, garpu, parut, pisau, dan peralatan yang berukuran kecil bisa disimpan di laci bawah meja dapur.
  • 3) Sedangkan untuk piring, mangkuk, dan gelas bisa disimpan di lemari ruang makan. Sehingga ketika makan, anda dapat dengan mudah menyiapkannya.
  • 4) Terakhir, wajan, panci dan peralatan memasak lainnya bisa disimpan di bawah meja dapur dekat dengan kompor. 

Penataan berbagai peralatan dapur secara tepat menjadi kunci agar dapur minimalis anda terlihat lebih lapang. Bahkan ketika beraktivitas di dapur-pun anda merasa leluasa bergerak dengan mudah. Itulah cara menata dapur minimalis yang bisa dipraktekkan di Rumah. Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment