Fashion

[Fashion][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Apa Itu Dermatitis Seboroik?


Kulit kepala merupakan salah satu bagian yang cukup rawan terkena masalah mulai dari masalah yang ringan yang masalah yang berat. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada kulit kepala yakni dermatitis seboroik yang merupakan gangguan kulit dapat membuat kulit menjadi ketombe, bersisik, dan berwarna kemeran. Masalah satu ini juga dapat terjadi pada berbagai kalangan usia mulai dari bayi hingga dewasa.

Dermatitis seboroik pada umumnya ditandai dengan kulit kepala yang tampak berkerak dan bersisik. Lebih lengkapnya berikut adalah beberapa gejala dari munculnya masalah dermatitis seboroik:

Kulit bersisik. 
Kulit kemerahan dan terasa gatal. 
Muncul masalah ketombe yang diakibatkan oleh kulit terkelupas baik itu kulit kepala, daerah kumis, jenggot, alis, bahkan hingga dada. 
Munculnya ruam yang berbentuk bulat atau oval. 

Adapun penyebab dari dermatitis seboroik ini yaitu adanya jamur Mlessezia. Kemudian masalah ini juga disebabkan karena respons abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Selain itu beberapa kondisi seperti orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, masa pemulihan pasca mengidap penyakit berbahaya, orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, penderita gangguan saraf atau mental, dan berad ditempa dengan suhu yang rendah juga rawan terserang dermatits seboroik. 

Dalam hal ini terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan peradangan yang diantaranya dapat dilakukan dengan menghindari menggaruk bagian kepala yang terkena dermatitis seborok, sebab hal tersebut akan menyebabkan terjadinya iritasi dan meningkatkan risiko infeksi. Selain itu mandi dan keramas secara teratur dengan sabun, sampo, hingga pelembab. 

Adapun untuk mengatas masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Keramas dengan shampo anti ketombe
Dermatitis seboroik memang bukan masalah ketombe biasa. Namun dalam hal ini Anda juga harus mengatasi ketombe yang disebabkan oleh seboroik. Dalam hal ini Anda dapat keramas dengan sampo anti ketombe. Anda dapat memilih produk sampo yang benar-benar efektif mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala kering.

Tresemme Scalp Care merupakan sampo yang dirancang untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan kandungan Tea Tree Oil, sampo ini dapat membersihkan kulit secara menyeluruh dan merawat kulit kepala dari rasa gatal, membersihkan rambut dari ketombe, serta menutrisi dan memperkuat rambut untuk mencegah kerontokan. 

Minyak zaitun
Selain menggunakan sampo anti ketombe, Anda juga dapat mencoba mengatasinya dengan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun yang terkenal cukup ampuh mengatasi kulit kepala kering yang disebabkan dermatitis seboroik. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai masker pada kulit kepala dan rambut. Gunakan dengan rutin agar peradangan yang disebabkan oleh seboroik dapat berkurang. 

Ke dokter
Nah jika dua langkah tersebut tidak efektif mengatasi masalah Anda, maka datang ke dokter adalah solusinya. Sebab bagaimanapun juga dermatitis seboroik tidak bisa dianggap sepele. Untuk itu Anda bisa datang ke doker untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. 

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah dermatitis seboroik. Apabila Anda mengalami masalah kulit kering yang dapat menyebabkan ketombe, silahkan atasi dengan bebera langkah diatas atau segera merencanakan kunjungan ke dokter jika perawatan dirumah tidak membuahkan hasil yang signifikan. Sebab dermatitis seboroik bukanlah masalah yang sembarangan yang tidak boleh terlalu lama dibiarkan. Iya selain mengganggu penampilan, penyakit ini juga menimbulkan rasa gatal yang akan mengganggu kenyamanan Anda. Untuk itu segera cari solusinya. 

No comments:

Post a comment