Sunday 1 December 2019

Wisata Jogja Candi Prambanan


Wisata Candi Prambanan adalah salah satunya situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO tidak hanya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berlainan dengan Candi Borobudur yang disebut candi Budha, sedang Candi Prambanan sendiri adalah candi peninggalan kerajaan Hindu pada saat dinasti Sanjaya serta direncanakan dibuat pada era ke 9.

Tetapi legenda lain menyambungkan Candi Prambanan dengan legenda Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso jadi satu Candi Prambanan sebab memungkiri janjinya. Oleh karenanya Candi Prambanan seringkali disebutkan dengan candi sewu atau candi seribu, walau juga jumlahnya candi di Candi Prambanan cuma sejumlah 240 buah.

Pada legenda Roro Jonggrang dikisahkan, satu orang pemuda sakti bernama Bandung Bondowoso akan memperistri satu orang putri yang benar-benar canti yakni Roro Jonggrang. Tetapi Roro Jonggrang sendiri menampik pinangan dari Bandung Bondowoso, karena Bandung Bondowoso sudah membunuh Ayah dari Roro Jonggrang.

Untuk menampik pinangan Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang membuat ketentuan yang susah buat Bandung Bondowoso. Yakni bersedia dinikasi oleh Bandung Bondowoso seandainya ia bisa membuat seribu candi dalam tadi malam yang nanti jadi wisata Candi Prambanan.

Di luar sangkaan Bandung Bondowoso menyanggupi ketentuan yang cukup susah ini. Dengan dibantu oleh bangsa jin, Bandung Bondowoso membuat seribu candi serta sudah mengakhiri sekitar 999 buah candi. Roro Jonggrang yang tidak mau menikah dengan Bandung Bondowoso pada akhirnya membuat strategi dengan berusaha membuat ayam berkokok yang mengisyaratkan pagi hari hingga membuat bangsa jin yang menolong Bandung Bondowoso kabur sebelum mengakhiri candi paling akhir.

Tahu strategi curang dari Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso pada akhirnya mengutuknya jadi satu candi paling akhir untuk lengkapi sewu candi keinginan Roro Jonggrang. Nah, itu narasi rakyat yang berkembang mengenai asal mula Candi Prambanan.

Walaupun juga sebetulnya menurut bukti yang ada Candi Prambanan adalah candi persembahan yang dibikin umat Hindu untuk menyembah Dewa Siwa, satu dari 3 Dewa penting dalam ajaran agama Hindu yang mempunyai karakter penghancur.

Nama asli dari candi ini juga sebetulnya ialah Candi Siwagra yang dalam bahasa sansekerta bermakna Rumah Siwa. Di Wisata Candi Prambanan ini bukan sekedar mempunyai candi penting yakni Candi Dewa Siwa yang mempunyai ukuran 47 mtr., yang dijepit dua candi dengan tinggi 33 mtr. yang dikasih naman Candi Dewa Brahma serta Candi Dewa Wisnu. Bagaiama? Tertarik berkunjung ke wisata Candi Prambanan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.