Fashion

[Fashion][bsummary]

Bisnis

[Bisnis][bigposts]

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Dari Beberapa Produk Reksadana, Pilih yang Mana?


Untuk menjaga kestabilan finansial, menabung menjadi salah satu hal yang penting. Namun dalam hal ini, bisa saja tabungan akan berkurang daya belinya karena berbagai biaya kebutuhan yang meningkat dan peningkatan tersebut lebih ceoat dari pertambahan bunga pada tabungan Anda. Nah untuk itu selain menabung, investasi juga merupakan hal yang menarik. Apalagi jika Anda berinvestasi di reksa dana yang kemungkinan dapat membantu Anda untuk meningkatkan nilai saldo Anda. Terdapat beberapa produk reksadana yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. 

Iya reksa dana merupakan dana terkumpuk yang diinvestasikan dalam bentuk saham, obligasi, atau instrumen pasar uang yang kemudian dikelola oleh manajer investasi independen profesional guna memaksimalkan tingkat pengembalian modal serta memperkecil risiko. Sebagaimana bentuk investasi lainnya, reksa dana juga memiliki keuntungan dan risiko. Adapun risiko reksa dana meliputi risiko wanprestasi, risiko pasar, risiko investasi, risiko likuiditas, dan risiko kerugian. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena berbagai risiko tersebut dapat diminimalisasi. Hal ini karena reksa dana akan menanamkan investasi Anda pada berbagai bentuk saham atau obligasi sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki. 

Nah yang menarik adalah semua investasi tentu memiliki keuntungan termasuk reksa dana. Dalam hal ini reksa dana juga memiliki beberapa keuntungan yang diantaranya sebagai berikut:

Dukungan manajer investasi profesional. Apabila dibandingkan dengan inevstasi lainnya seperti investasi saham, maka investasi reksa dana jauh lebih sederhana. Dana yang masuk ke reksa dana saham pada umumnya akan dipecah ke dalam beberapa saham yang masuk dalam produk reksa dana tersebut. Dalam hal ini, manajer yang telah disetujui akan bekerja untuk menganalisis kinerja harian serta kondisi pasar investasi guna memantau produk-produk reksa dana yang dikelola. Nah, caranya yang cukup sederhana ini membuat investasi ini cocok untuk para pemula. 

Memiliki likuiditas yang tinggi. disini Anda dapat mencairkan sebagian bahkan seluruh dana setiap hari bursa. Hal tersebut bisa dilakukan yakni setelah dipotong biaya pencairan.  

Keuntungan pajak. Yang menjadikan keuntungan adalah hasil investasi reksadana sendiri bukan merupakan objek pajak. Nah hal ini membuat keuntungan yang di dapatkan dari investasi bisa diterima dengan bersih tanpa adanya potongan pajak, 

Dana rendah pada investasi awal. Salah satu yang menarik dari reksa dana adalah biaya investasinya yang cenderung rendah diawal. Dalam hal ini Anda dapat melakukan pembelian di cabang HSBC terdekat dengan nilai minimum Rp. 500.000 (Jumlah bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku). Nah setelah itu Anda dapat melakukan transaksi reksa dana melalui internet banking HSBC.

Transaksinya yang mudah
Jika Anda memutuskan melakukan pembelian reksa dana di kantor HSBC, maka Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah yakni secara online. Dalam hal ini Anda bisa melakukan transaksi online melalui HSBC internet banking. Caranya adalah cukup dengan log on ke HSBC internet banking Anda, kemudian peilih menu “Mutual Fund”. 

Memiliki fleksibilitas lebih
Dengan HSBC, terdapat fleksibilias lebih yakni dengan HSBC investment link. Dalam hal ini investment link memberikan fleksibilitas akses dana tunai kapan pun tanpa perlu mencairkan reksa dana Anda. 

Diawasi OJK
Yang membuat Anda merasa aman saat berinvestasi adalah semua reksa dana telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baik itu yang dibeli secara langsung di bank, investasi online, hingga manajer investasi. 

Nah bagi Anda yang tertarik, terdapat beberapa produk reksadana yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Dan produk-produk tersebut tidak tersedia utuk transaksi pembelian atau top up.

No comments:

Post a comment